Pages

Model Referensi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)

TCP/IP adalah kemampuan untuk menghubungkan jaringan-jaringan secara bersama-sama tanpa melihat adanya perbedaan. Tugas utamanya adalah mengusahakan agar jaringan-jaringan yang telah ada mampu mempertahankan diri dari hilangnya perangkat keras subnet, dengan percakapan yang ada tidak terputus.
Layer-layer TCP/IP :
  1. Internet Layer => jaringan packet-switching yang didasarkan pada sebuah connectionless internetwork. IP (Internet Protocol) adalah format paket resmi dan protokol resmi yang ditentukan oleh internet layer. Tugas internet layer adalah untuk mengirimkan paket-paket IP ke tempat tujuan. Masalahnya adalah penentuan rute paket (paket routing).
  2. Transport Layer => Memungkinkan peer entity-peer entity pada host sumber dan host tujuan untuk melakukan percakapan. Ada 2 jenis tranport layer, yaitu TCP/IP (Transmission Control Layer) dan UDP (User Diagram Protocol). TCP/IP adalah protokol yang berorientasi pada hubungan yang handal yang mengizinkan sebuah aliran byte yang berasal pada suatu mesin untuk dikirimkan tanpa error ke sebuah mesin yang ada di internet. UDP adalah protokol yang tidak handal dan tanpa sambungan bagi aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan pengurutan TCP atau pengendalian aliran dan bagi aplikasi-aplikasi yang ingin melayani dirinya sendiri.
  3. Network Access Layer => Host harus terhubung ke jaringan dengan menggunakan protokol, sehingga host dapat mengirim paket IP melalui layer ini.
  4. Application Layer => Terdapat pada puncak model TCP/IP. Layer ini berisi bermacam-macam protokol tingkat tinggi, yaitu TELNET, FTP, SMTP, DNS, HTTP, dan WWW.
Info lebih lanjut http://www.oocities.org/wilianto_jh/gallery/pengantar_TCP.pdf